[Tutorial]Menyelami Aplikasi Lebih Dalam: Mode PRO Kamera

347

0

2018-03-30 21:11

Show all posts
Edited by fiqriachmada at 2018-03-30 20:11

1200.jpg
Halo teman-teman sahabat Meizu ataupun Flyme! Setelah lama dinanti kolom Mengkaji Lebih Dalam Aplikasi kembali lagi!
Hari ini, kita akan menggali parameter dibalik mode PRO kamera. Setelah mengetahui apa itu parameter, kami yakin selanjutnya anda akan bisa menggunakan mode ini untuk Memotret Seperti seorang Profesional!


Pertama-tama, pilihlah Mode Pro di aplikasi Kamera, dan kita akan melihat beberapa opsi: PRO Mode.png


Dari parameter teratas adalah: Lama Pencahayaan, ISO, Tingkat Pencahayaan, Saturasi, Kontras dan Keseimbangan Putih.


1. Lama pencahayaan

Lama pencahayaan berarti selang antara shutter terbuka dan tertutup, yang mana selama CMOS akan menangkap seluruh cahaya dan membentuk sebuah gambar. Lamanya waktu pencahayaan kebanyakan berdasarkan pada kondisi pencahayaan sekitar dan subjeknya.
Dalam mode Auto, waktu pencahayaan memiliki batas tertentu berdasarkan pada pertimbangan kedua faktor kualitas gambar dan getaran tangan.
Karena itu dalam beberapa kasus, pengguna mungkin membutuhkan untuk mengatur waktu pencahayaan untuk mendapatkan gambar yang lebih baik.
Sebagai contoh, ketika mengambil foto anak atau peliharaan atau subjek berpindah lainnya, gambar mungkin akan blur dikarnekan oleh status perpindahan konstan. Karena itu pengguna bisa mengatur waktu pencahayaan yang lebih pendek(1/100s~1500s) untuk menangkap gambar yang ideal.
Contoh lain adalah memotret foto dalam lingkungan yang kurang cahaya. Ketika anda memiliki sebuah tripod atau alat lainnya, kamu bisa mengatur waktu pencahayaan lebih lama (1s~20s) dilingkungan gelap untuk mendapat gambar dengan kualitas lebih baik. Foto akan tampil lebih asli karena waktu pencahayaan lebih lama memungkinkan lebih banyak cahaya yang memasuki CMOS, dan dengan demikian foto akan memiliki noise lebih rendah.


2. ISO

ISO adalah kecepatan reaksi kimia film terhadap cahaya, dan ISO-nya kamera digital adalah sebuah parameter yang menyerupai kesensitifan cahaya film dan ini adalah sebuah petunjuk untuk menampilkan kesensitifan cahaya dari CMOS. Ketika ISO rendah, noise pada gambar akan berkurang, tetapi kecerahan gambar juga akan menjadi lebih rendah; dan secara alami ketika ISO lebih tinggi, gambar akan menjadi lebih cerah sedangkan noise akan meningkat.
Untuk memastikan sebuah tinggi kecerahan yang relatif pada mode Auto, ISO akan diatur lebih tingggi sehingga pengguna dapat mengambilfoto meski dalam lingkungan gelap. Jika anda ingin sebuah gambar berkualitas-tinggi, anda bisa menggunakan tripod untuk menempatkan smartphone, atur ISO ke standart yang lebih rendah (50 atau 100), bersamaan dengan pencahayaan yang lebih lama dengan baik.


3. Tingkat Pencahayaan
Tingkat Pencahayaan adalah sebuah jalan mengontrol pencahayaan kamera digital, yang mana berarti algoritma akan menghitung sebuah level pencahayaan yang 'cocok' untuk membuat gambar lebih terang atau gelap. Fitur ini memungkinkan anda untik menyesuaikan kecerahan gambar dengan cara secara langsung dengan menyesuaikan tingkatan tingkat pencahayaan untuk membuat algoritma untuk menghitung secara otomatis waktu pencahayaan kecerahan target dan ISO. Jika fotomu gelap, anda bisa meningkatkan nilai pencahayaan (+1EV, +2EV) untuk mencerahkannya, dan sebaliknya.


4. Saturasi
Saturasi Warna bisa dengan mudah dipahami sebagai kecerahan dan kemurnian warna. Semakin tinggi nilai Saturasinya, semakin berwarna pula fotomu.
Sample-saturation.png


5. Kontras
Untuk mempermudah untuk dipahami, parameter 'Kontras' adalag derajat kontras antara gelap dan cahaya dalam sebuah gambar. Ini bekerja pada gambar dengan efek yang bagus. Umumnya ketika sebuah gambar memiliki kontras yang tinggi, ini terlihat lebih jelas, dan secara alami jika gambar memiliki kontras rendah, gelap dan cahayanya tidak memiliki perbedaan terlihat, gambar memperlihatkan kesan abu-abu untuk dilihat. Namun, meskipun kontras terlampau tinggi memungkinkan kehilangan detail sorotan dan bayangan. Jadi ingatlah untuk menggunakannya secara bijak. 
Sample - contrast.png


6. Keseimbangan Putih
Keseimbangan Putih Kamera memperhitungkan "Suhu Warna" dari  sumber cahaya, yang mana mengacu pada yang berhubungan dengan kehangatan atau kesejukan dari cahaya putih. Karena itu dengan memilih skenario yang berbeda anda akan memiliki warna yang sesungguhnya pada gambarmu. Sebagai contoh, ketika anda dibawah langit yang cerah, kesimbangan putih akan memberimu pandangan yang lebih hangat sehingga gambar terlihat lebih alami dan mencerminkan warna sesungguhnya dibawah matahari.




Itulah parameter mode PRO dalam kamera. Apa anda menemukannya sangat berguna? Cobalah dan bagikan gambarmu dengan kami!


ORIGINAL THREAD: App Deep Dive: Camera PRO Mode By KKPanda

Baca Thread sebelumnya: Super mBack: Tahap Solusi setelah mBack